Thursday, December 14, 2006

Kajen Kampungku, Pak Pos dan Surat Pembaca

Oleh : Bambang Haryanto
Email : wonogirinews@yahoo.co.id


Wonogiri berada pada ketinggian 144 meter di atas permukaan laut. Angka itu aku baca di papan nama stasiun kereta api. Stasiun tersebut berjarak sekitar satu kilometer, di arah barat dari rumahku. Aku tinggal di kampung Kajen, Giripurwo, Wonogiri. Tepatnya di Jalan Kajen Timur 72. Ini alamat lama. Yang baru adalah Jalan Semangka II No.17.

Alamat lama rumah ini, hmm, lumayan terkenal. Utamanya bagi pak pos. Bukan bermaksud menepuk dada, karena penghuni rumah ini relatif sering memanfaatkan jasa pos. Adikku, Basnendar, seorang kartunis. Wesel berupa honorarium dari koran-koran yang memuat kartunnya dialamatkan ke rumah ini. Ketika ia kini sedang menempuh pendidikan lanjutan pasca sarjana di ITB Bandung, aku jadi tukang tanda tangan saat menerima carik wesel dari pak pos.

Tidak hanya sekali pak pos segera mencegatku ketika kami berpapasan di jalanan bila ada surat atau wesel yang harus disampaikan. Terjadilah “transaksi” di luar rumahku. Pernah seorang adikku, Broto Happy W., mengirimkan kartu ucapan untuk ulang tahunku di bulan Agustus 2006 yang lalu. Saat itu ia sebagai wartawan Tabloid BOLA sedang meliput turnamen bulutangkis di Batam. Kartu ucapan itu langsung disampaikan pak pos Wonogiri ketika kami kebetulan bertemu di pasar. No problemo.

Pak pos Wonogiri, terutama pegawai lamanya, nampak akrab dengan alamat ini, antara lain juga karena ibuku pernah berjualan, membuka dasaran, di kantor pos. Ibuku, istri purnawirawan TNI-AD, mengkreditkan keperluan rumah tangga, yaitu pelbagai macam kain dan pakaian, seperti tas belanja sampai sarung bantal, untuk para pensiunan yang mengambil gaji pensiunannya di kantor pos.


Efek Surat Pembaca. Selain digunakan oleh Basnendar, ketika menulis surat pembaca untuk koran Kompas Jawa Tengah aku juga menggunakan alamat ini. Ada efek samping kecil-kecilan yang muncul dari “keterkenalan” alamat rumahku dan kampungku ini.

Suatu saat aku menyucikan setelan jas ke agen laundry yang tokonya sekitar 600 meter dari rumahku. Terus terang, aku tidak mengenal pemilik toko ini. Ketika aku harus mencatatkan nama dan alamat, sejurus si mbak pemilik toko itu berkomentar, “yang sering menulis di Kompas ya ?” Itu kejadian sekitar setahun lalu.

Mudah-mudahan ia sekarang ini masih bersedia membaca surat-surat pembacaku. Atau mungkin masih ingat surat pembacaku yang mempromosikan perpustakaan di kota kecil ini ? Inilah surat pembacaku tersebut :


Kontes AFI di Perpustakaan
Dimuat : Kompas Jawa Tengah, Selasa, 13 Juli 2004.

Mirip mekanisme kontes AFI atau Indonesian Idol, Perpustakaan Umum Wonogiri menempuh kebijakan serupa yang patut dipuji, dengan memberi kebebasan kepada anggota dan pengunjung perpustakaan mengajukan pilihan buku yang diinginkannya untuk menjadi koleksi perpustakaan. Peluang untuk memilih buku itu terbuka di bulan Juni –Juli 2004 ini !

Oleh karena itu, kepada warga Wonogiri yang haus ilmu pengetahuan demi meningkatkan kualitas diri dengan gigih belajar terus tanpa henti, saya imbau untuk memanfaatkan peluang emas ini. Sebab seperti kata sejarawan dan filsuf politik Skotlandia, Thomas Carlyle (1795-1881), the true University of these days is a collection of books atau universitas sejati masa kini adalah perpustakaan, maka biasakanlah berkunjunglah ke perpustakaan yang berada di kompleks bagian depan GOR Wonogiri ini. Termasuk kali ini, silakan ajukan data buku yang Anda inginkan agar menjadi koleksinya dan suatu saat akan Anda reguk ilmunya.

Untuk pengadaan tahun anggaran 2005 mendatang yang memperoleh penekanan untuk dikoleksi adalah buku-buku bersubjek pendidikan dan kewiraswastaan. Anda dapat mengajukan buku bersubjek penting di atas bila kebetulan Anda sudah memiliki data bibliografinya (nama pengarang, penerbit, tahun terbit dan harga). Atau silakan memeriksa pelbagai katalog penerbit yang sudah tersedia di sana untuk membantu menentukan pilihan Anda.

Sementara itu, untuk warga Wonogiri yang sudah sukses dan kini merantau, tak ada salahnya Anda kini ikut berperanserta dalam pengembangan sumber daya generasi muda Wonogiri dengan menyumbangkan buku-buku untuk perpustakaan Wonogiri. Jangan lupa, tuliskan data nama Anda di buku tersebut, sehingga kami akan selalu mampu mengenang amal dan kebaikan Anda di dalam hati kami. Siapa tahu, suatu saat nanti kami akan meneladani perbuatan bijak dan mulia Anda tersebut. Terima kasih.

Bambang Haryanto
Epistoholik Indonesia
Suporter Perpustakaan Wonogiri
Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612


Wonogiri, 15/12/2006

tmw

No comments: