Sunday, July 15, 2012

"Perampok Bank Tua" : Kenangan Wong Wonogiri

Oleh : Bambang Haryanto
Email : wonogirinews (at) yahoo.co.id



Dia pernah main di film "The Dirty Dozen," "The Wild Bunch," dan "The Poseidon Adventure."

Ketiga film ini sempat saya tonton di tahun 1970-an. Di film “The Dirty Dozen” (1967) ia beradu akting dengan Lee Marvin, Jim Brown dan juga Donald Shutterland.

Dalam “The Wild Bunch” (1969) yang digarap oleh sutradara film koboi garis keras, Sam Peckinpah, ia main bersama William Holden, Robert Ryan dan Warren Oates.

Lagu indahnya Mauren McGovern (ayahnya George McGovern saat itu calon presiden AS) “The Morning After” menjadi lagu tema tentang musibah terbaliknya kapal dalam film “The Poseidon Adventure” (1972). Antara lain dibintangi Shelley Winters dan Gene Hackman.

Tokoh itu yang paling saya ingat adalah ketika main dalam film “Bunny O’Hare Old Age Pension Plan” (1971, foto). Cerita tentang duet pasangan sepuh Bette Davis dan Ernest Borgnine, yang ingin melepaskan diri dari jeratan kekurangan uang, dengan melakukan serentetan perampokan bank.

Senjatanya unik : burung pipit dilepaskan di bank, membuat seluruh kantor bank heboh, dan saat itulah mereka menodong kasir untuk dipaksa menyerahkan uangnya. Salah satu tokoh itu dimainkan oleh aktor pemenang Oscar, Ernest Borgnine.

Ia kemarin meninggal dunia dalam usia 95 tahun.
Selamat jalan, Eyang Ernest.

Semoga kau diterima baik olehNya di alam keabadian.

Tautan : http://news.yahoo.com/blogs/upshot/oscar-winning-film-star-ernest-borgnine-dies-la-212606632.html

No comments: